5 Cara Tepat Agar Diterima Pekerjaan
Mendapatkan pekerjaan adalah impian sebagian besar orang setelah lulus kuliah. Disamping mendapatkan penghasilan pribadi yang legal dan halal, akan menjadi kebanggaan pribadi dan orang tua karena sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menempuh kuliah dan lulus.
Namun seiring makin ketatnya persaingan pelamar kerja dan tidak sebanding dengan bertumbuhnya kesempatan kerja, banyak pelamar yang merasa putus asa karena merasa sudah mengeluarkan banyak tenaga maupun biaya tapi belum menuai hasil yaitu diterima di sebuah perusahaan. Tapi janganlah putus asa, sebab rejeki akan selalu didapat jika dicari.
Oleh karena itu, di postingan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman pribadi dengan memberikan tips terbaik untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Sebab, tips pribadi yang sudah saya jalani 2,5 tahun lalu, membuahkan hasil dengan diterimanya pekerjaan yang saya impikan sampai sekarang. Saya berharap, dengan membaca postingan saya ini, juga dapat membuahkan hasil yang sama bagi para pembaca.
1. Persiapkan CV dan Surat Lamaran Yang Menarik
Banyak pelamar yang kurang fokus di tahap yang paling awal ini. Sebab dengan CV dan Surat Lamaran, adalah pintu awal bagi anda untuk mendeskripsikan siapa diri anda dan mengapa anda melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.
Surat Lamaran sebaiknya dibuat dengan singkat dan jelas serta jangan bertele-tele. Jelaskan mengapa anda ingin melamar di perusahaan tersebut dan mengapa anda pantas diterima di perusahaan tersebut. Jika anda merasa percaya diri dengan kemampuan anda, jangan lupa sebutkan dalam surat lamaran bahwa anda melampirkan dokumen-dokumen pendukung atas keahlian atau kemampuan anda. Lalu terakhir, tunjukkan harapan besar anda untuk dapat diberi kesempatan bertemu langsung agar dapat memperkenalkan diri anda secara lebih jelas.
CV pun harus anda buat dengan semenarik mungkin, sebab kebanyakan perusahaan tidak mengharuskan anda membuat CV dengan template tertentu. Buatlah CV dengan desain menarik dan tidak monoton disertai sejarah pendidikan anda, pengalaman organisasi sekolah dan masyarakat, serta hobi anda. Sebab, dengan CV yang menarik, HR akan nyaman membaca CV anda sampai selesai dan tertarik mengundang anda untuk melakukan interview.
Sebagai saran tambahan dan bocoran dari HR tempat saya bekerja, jangan sekali-kali anda melampirkan foto dimana anda sedang memakai baju almamater kuliah. Sebab, kebanyakan HR kurang menyukai pelamar yang menggunakan baju almamater. Tapi sebaiknya gunakan baju hem berkerah dan rapi dengan warna polos. Maksudnya, jika anda memakai warna putih, pakailah hem berkerah warna putih polos, dan jika warna biru, usahakan warna biru polos. Agar lebih mantap, gunakanlah dasi ketika berfoto. Dijamin HR akan senang melihat penampilan anda di foto. Karena penampilan adalah salah satu faktor pertimbangan anda diterima bekerja atau tidak.
2. Status Anda di Media Sosial
Media sosial seperti Google+, Facebook, Twitter, Path, dan lain-lain adalah hal yang lumrah dimiliki oleh kebanyakan orang. Saking lumrahnya, banyak pengguna memposting sesuka mereka dari hal politik sampai patah hati. Nah, jika anda memiliki akun media sosial, pastikan postingan anda soal mengkritik, galau, memaki orang, share berita provokatif, atau hal lain sudah disembunyikan atau dihapus sekalian. Sebab, percaya atau tidak, ketika divisi HR menerima CV dan lamaran anda, mereka akan segera mencari profil anda di dunia maya untuk mengetahui aktifitas anda. Setidaknya dari foto-foto yang anda upload, HR dapat mengetahui siapa anda secara sekilas. Akan sangat merugikan anda jika HR melihat postingan anda dimana status anda sedang memaki orang misalnya. Maka HR akan ragu merekrut anda di kemudian hari karena bisa saja dia berpikir anda mudah emosi.
3. Jangan Berkata "Tidak" di Interview
Sering kali saat kita mengikuti tes interview maka si penguji akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang kita miliki, misalnya saja ditanya, “Bisa komputer?” atau “Bisa menggunakan program komputer seperti Photoshop, Powerpoint dan sebagainya?”. Nah kalau anda mendapat pertanyaan interview seperti ini maka pastikan untuk tidak menjawab ‘tidak’ karena sekali kamu menjawab demikian maka si penguji tadi sudah bisa memberi penilaian terhadap kemampuanmu dan bahkan bisa jadi ia sudah bisa memutuskan dalam hati bahwa kamu tidak layak diterima kerja dan sudah pasti selanjutnya tidak akan adalagi panggilan untuk proses melamar kerja selanjutnya karena kamu sudah dianggap gugur. Saya kira ini adalah poin penting soal cara agar mudah diterima interview karena sekarang ini hampir semua dunia kerja mensyaratkan kemampuan menggunakan berbagai program dalam komputer untuk memudahkan ketika ada tugas yang berkaitan dengannya, misalnya desain grafis, edit foto / gambar di komputer, membuat slide presentasi dan sebagainya.
Lalu apakah anda harus berbohong? Juga jangan! Katakan saja anda tidak terlalu ahli dalam hal tersebut, dan katakan saya bisa belajar untuk memperdalam kemampuan anda dalam hal tersebut. Jika anda mengatakan hal tersebut, maka penguji akan menyadari bahwa anda adalah orang yang bersemangat dan mau belajar meskipun punya keterbatasan.
4. Jawab Sesuai Pertanyaan dan Jangan Sok Akrab
Ini juga penting sekali dilakukan, jika anda memang baru ‘resign’ dari perusahaan lain maka sedapat mungkin berikan alasan yang tidak membuat penilaian yang negatif dari penguji, misalnya keluar kerja karena alasan pindah tempat dan karena jauh jadi harus keluar, karena perusahaan sebeumnya tutup atau selainnya yang penting tidak menimbulkan penilain negatif pada kepribadianmu. Adapun jawaban yang tidak baik misalnya keluar kerja karena sudah malas bekerja di tempat tersebut, karena melakukan kesalahan yang tidak dapat diterima sehingga harus dikeluarkan tanpa hormat dan lainnya yang jika disampaikan kepada orang lain maka kamu akan dinilai memiliki sifat yang buruk. Maka jika anda mendapatkan pertanyaan tersebut, pintar-pintarlah anda menjawab pertanyaan tanpa menimbulkan kesan negatif. Misalkan anda cukup menjawab bahwa anda ingin mencoba tantangan baru. Maka penguji akan menyadari bahwa anda adalah orang yang mempunyai visi ke depan dan mau akan tantangan.
Serta, jika anda ingin mencairkan suasana agar tidak tegang, janganlah anda menjadi sok akrab. Maksudnya, jangan sekali-kali mengomentari penampilan penguji atau malah balik bertanya kepada penguji. Misalkan anda ditanya warna kesukaanya apa, anda menjawab warna merah dan balik bertanya, "Kalo bapak suka warna apa?". Maka sekali lagi, fokuskan pada pertanyaan dan jawab seperlunya.
5. Normatif Mengenai Gaji
Normatif maksudnya adalah bahwa jawaban yang anda berikan tidak secara spesifik menjawab pertanyaan dari kepala bagian kepegawaian yang biasanya jadi juru seleksi. Jadi misalnya ditanya “berapa gaji yang kamu inginkan?” maka cukup bilang “sesuai dengan standar perusahaan dan pemerintah saja!” Tidak usah berikan jawaban muluk-muluk. Atau misalnya sudah punya pengalaman bekerja sebelumnya maka cukup katakan kalau “mungkin bisa lebih tinggi dari UMR karena sebelumnya sudah pernah bekerja di bidang yang sama dan sudah berpengalaman mengenai bidang yang dilamar”. Jangan sampai ngotot mau digaji sesuai jumlah yang anda minta karena sudah pasti anda akan dinyatakan tidak layak jadi karyawan baru diperusahaan tersebut karena dianggap banyak maunya dan suka nuntut.
PENUTUP
Maka jika anda ingin segera mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan, pada intinya adalah persiapkan diri anda sebaik-baiknya. Karena anda sedang "menawarkan" diri anda kepada perusahaan yang anda lamar. Oleh karena itu, anda harus memastikan diri anda adalah sesosok yang berkualitas luar dalam dan layak diterima sebagai pegawai dan perusahaan bersedia berinvestasi kepada diri anda karena yakin akan mendapatkan banyak keuntungan dari anda. Sama halnya seperti seorang agen penjual handphone, pasti ia akan menunjukkan semua kelebihan dari handphone tersebut bukan? Bukannya menunjukkan kelemahan dari handphone tersebut, misalkan boros baterai.
Demikian tips dan saran dari saya sesuai pengalaman pribadi sendiri, semoga bermanfaat dan semoga SUKSES!
Mendapatkan pekerjaan adalah impian sebagian besar orang setelah lulus kuliah. Disamping mendapatkan penghasilan pribadi yang legal dan halal, akan menjadi kebanggaan pribadi dan orang tua karena sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menempuh kuliah dan lulus.
Namun seiring makin ketatnya persaingan pelamar kerja dan tidak sebanding dengan bertumbuhnya kesempatan kerja, banyak pelamar yang merasa putus asa karena merasa sudah mengeluarkan banyak tenaga maupun biaya tapi belum menuai hasil yaitu diterima di sebuah perusahaan. Tapi janganlah putus asa, sebab rejeki akan selalu didapat jika dicari.
Oleh karena itu, di postingan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman pribadi dengan memberikan tips terbaik untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Sebab, tips pribadi yang sudah saya jalani 2,5 tahun lalu, membuahkan hasil dengan diterimanya pekerjaan yang saya impikan sampai sekarang. Saya berharap, dengan membaca postingan saya ini, juga dapat membuahkan hasil yang sama bagi para pembaca.
1. Persiapkan CV dan Surat Lamaran Yang Menarik
Banyak pelamar yang kurang fokus di tahap yang paling awal ini. Sebab dengan CV dan Surat Lamaran, adalah pintu awal bagi anda untuk mendeskripsikan siapa diri anda dan mengapa anda melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.
Surat Lamaran sebaiknya dibuat dengan singkat dan jelas serta jangan bertele-tele. Jelaskan mengapa anda ingin melamar di perusahaan tersebut dan mengapa anda pantas diterima di perusahaan tersebut. Jika anda merasa percaya diri dengan kemampuan anda, jangan lupa sebutkan dalam surat lamaran bahwa anda melampirkan dokumen-dokumen pendukung atas keahlian atau kemampuan anda. Lalu terakhir, tunjukkan harapan besar anda untuk dapat diberi kesempatan bertemu langsung agar dapat memperkenalkan diri anda secara lebih jelas.
CV pun harus anda buat dengan semenarik mungkin, sebab kebanyakan perusahaan tidak mengharuskan anda membuat CV dengan template tertentu. Buatlah CV dengan desain menarik dan tidak monoton disertai sejarah pendidikan anda, pengalaman organisasi sekolah dan masyarakat, serta hobi anda. Sebab, dengan CV yang menarik, HR akan nyaman membaca CV anda sampai selesai dan tertarik mengundang anda untuk melakukan interview.
Sebagai saran tambahan dan bocoran dari HR tempat saya bekerja, jangan sekali-kali anda melampirkan foto dimana anda sedang memakai baju almamater kuliah. Sebab, kebanyakan HR kurang menyukai pelamar yang menggunakan baju almamater. Tapi sebaiknya gunakan baju hem berkerah dan rapi dengan warna polos. Maksudnya, jika anda memakai warna putih, pakailah hem berkerah warna putih polos, dan jika warna biru, usahakan warna biru polos. Agar lebih mantap, gunakanlah dasi ketika berfoto. Dijamin HR akan senang melihat penampilan anda di foto. Karena penampilan adalah salah satu faktor pertimbangan anda diterima bekerja atau tidak.
2. Status Anda di Media Sosial
Media sosial seperti Google+, Facebook, Twitter, Path, dan lain-lain adalah hal yang lumrah dimiliki oleh kebanyakan orang. Saking lumrahnya, banyak pengguna memposting sesuka mereka dari hal politik sampai patah hati. Nah, jika anda memiliki akun media sosial, pastikan postingan anda soal mengkritik, galau, memaki orang, share berita provokatif, atau hal lain sudah disembunyikan atau dihapus sekalian. Sebab, percaya atau tidak, ketika divisi HR menerima CV dan lamaran anda, mereka akan segera mencari profil anda di dunia maya untuk mengetahui aktifitas anda. Setidaknya dari foto-foto yang anda upload, HR dapat mengetahui siapa anda secara sekilas. Akan sangat merugikan anda jika HR melihat postingan anda dimana status anda sedang memaki orang misalnya. Maka HR akan ragu merekrut anda di kemudian hari karena bisa saja dia berpikir anda mudah emosi.
3. Jangan Berkata "Tidak" di Interview
Sering kali saat kita mengikuti tes interview maka si penguji akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang kita miliki, misalnya saja ditanya, “Bisa komputer?” atau “Bisa menggunakan program komputer seperti Photoshop, Powerpoint dan sebagainya?”. Nah kalau anda mendapat pertanyaan interview seperti ini maka pastikan untuk tidak menjawab ‘tidak’ karena sekali kamu menjawab demikian maka si penguji tadi sudah bisa memberi penilaian terhadap kemampuanmu dan bahkan bisa jadi ia sudah bisa memutuskan dalam hati bahwa kamu tidak layak diterima kerja dan sudah pasti selanjutnya tidak akan adalagi panggilan untuk proses melamar kerja selanjutnya karena kamu sudah dianggap gugur. Saya kira ini adalah poin penting soal cara agar mudah diterima interview karena sekarang ini hampir semua dunia kerja mensyaratkan kemampuan menggunakan berbagai program dalam komputer untuk memudahkan ketika ada tugas yang berkaitan dengannya, misalnya desain grafis, edit foto / gambar di komputer, membuat slide presentasi dan sebagainya.
Lalu apakah anda harus berbohong? Juga jangan! Katakan saja anda tidak terlalu ahli dalam hal tersebut, dan katakan saya bisa belajar untuk memperdalam kemampuan anda dalam hal tersebut. Jika anda mengatakan hal tersebut, maka penguji akan menyadari bahwa anda adalah orang yang bersemangat dan mau belajar meskipun punya keterbatasan.
4. Jawab Sesuai Pertanyaan dan Jangan Sok Akrab
Ini juga penting sekali dilakukan, jika anda memang baru ‘resign’ dari perusahaan lain maka sedapat mungkin berikan alasan yang tidak membuat penilaian yang negatif dari penguji, misalnya keluar kerja karena alasan pindah tempat dan karena jauh jadi harus keluar, karena perusahaan sebeumnya tutup atau selainnya yang penting tidak menimbulkan penilain negatif pada kepribadianmu. Adapun jawaban yang tidak baik misalnya keluar kerja karena sudah malas bekerja di tempat tersebut, karena melakukan kesalahan yang tidak dapat diterima sehingga harus dikeluarkan tanpa hormat dan lainnya yang jika disampaikan kepada orang lain maka kamu akan dinilai memiliki sifat yang buruk. Maka jika anda mendapatkan pertanyaan tersebut, pintar-pintarlah anda menjawab pertanyaan tanpa menimbulkan kesan negatif. Misalkan anda cukup menjawab bahwa anda ingin mencoba tantangan baru. Maka penguji akan menyadari bahwa anda adalah orang yang mempunyai visi ke depan dan mau akan tantangan.
Serta, jika anda ingin mencairkan suasana agar tidak tegang, janganlah anda menjadi sok akrab. Maksudnya, jangan sekali-kali mengomentari penampilan penguji atau malah balik bertanya kepada penguji. Misalkan anda ditanya warna kesukaanya apa, anda menjawab warna merah dan balik bertanya, "Kalo bapak suka warna apa?". Maka sekali lagi, fokuskan pada pertanyaan dan jawab seperlunya.
5. Normatif Mengenai Gaji
Normatif maksudnya adalah bahwa jawaban yang anda berikan tidak secara spesifik menjawab pertanyaan dari kepala bagian kepegawaian yang biasanya jadi juru seleksi. Jadi misalnya ditanya “berapa gaji yang kamu inginkan?” maka cukup bilang “sesuai dengan standar perusahaan dan pemerintah saja!” Tidak usah berikan jawaban muluk-muluk. Atau misalnya sudah punya pengalaman bekerja sebelumnya maka cukup katakan kalau “mungkin bisa lebih tinggi dari UMR karena sebelumnya sudah pernah bekerja di bidang yang sama dan sudah berpengalaman mengenai bidang yang dilamar”. Jangan sampai ngotot mau digaji sesuai jumlah yang anda minta karena sudah pasti anda akan dinyatakan tidak layak jadi karyawan baru diperusahaan tersebut karena dianggap banyak maunya dan suka nuntut.
PENUTUP
Maka jika anda ingin segera mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan, pada intinya adalah persiapkan diri anda sebaik-baiknya. Karena anda sedang "menawarkan" diri anda kepada perusahaan yang anda lamar. Oleh karena itu, anda harus memastikan diri anda adalah sesosok yang berkualitas luar dalam dan layak diterima sebagai pegawai dan perusahaan bersedia berinvestasi kepada diri anda karena yakin akan mendapatkan banyak keuntungan dari anda. Sama halnya seperti seorang agen penjual handphone, pasti ia akan menunjukkan semua kelebihan dari handphone tersebut bukan? Bukannya menunjukkan kelemahan dari handphone tersebut, misalkan boros baterai.
Demikian tips dan saran dari saya sesuai pengalaman pribadi sendiri, semoga bermanfaat dan semoga SUKSES!
sangat membantu artikel ini apalagi saya suka gugup dan mandi keringat jika interview
BalasHapusMemang kalau interview itu selalu punya sensasi yang menegangkan. Tapi seblum masuk ke ruang interview, mas bisa ambil napas yang dalam dan mengucapkan doa. Percaya atau tidak, tegangnya pasti hilang. Dan yang pasti, fokuskan kepada pertanyaan dan jangan memperlihatkan kelemahan diri.
Hapuskebiasaan saya mas kalo ketemu orang belum kenal suka mandi keringat dan pikiran suka kosong, apalagi kalo hrd nya perempuan
Hapushatur nuhun gans contoh daftar riwayat hidup perlu banget nih buat lamaran kerja, sangat bermanfaat.
BalasHapusterimakasih infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2qEqYB3
BalasHapus